HIKING/MENDAKI SALAH SATU OLAHRAGA REKREASI YANG BERMANFAAT DAN MENYENANGKAN. HIKING/MENDAKI DI LAKUKAN UNTUK ORANG YANG HOBI PERJALANAN PANJANG DAN PENCITA ALAM

Hiking adalahย  salah satu bentuk olahraga yang dilakukan di alam terbuka, sebagai suatu aktivitasย  atau kegiatan yang lebih banyak berorientasi di alam, dan tentunya merupakan sebuah kegiatan atau aktivitasย  yang mempunyaiย  resiko yangย  sangat tinggi. Oleh sebab itu, setiap kegiatan yang dilakukan membutuhkan keterampilan,ย  kecermatan, dan kekuatan fisik untukย  setiap pelakunya.Pada dasarnya hiking adalah berjalan kaki di alam terbuka yang dapat dilakukan oleh siapa saja baik anak-anak, remaja, maupun orang tua. Hiking dapat dilakukan secara perorangan atau berkelompok.

Contohnya seorang atau beberapa orang yang mengerjakan kebiasaan gerak badan pagi dengan berjalan kaki sejauh 1-3 km; seorang yang terpaksa harus berjalan pergi ke tempat pekerjaan karena keadaan atau karena tidak ada/mempunyai kendaraan; atau perlombaan gerak jalan, semua itu tidak dapat dimasukan dalam istilah hiking. Malah timbul perkembangan yang ganjil, sebab arti berjalan kaki akhirnya tidak dapat dipertahankan lagi, sebab dalamย hiking, seorangย hikerย boleh menggunakan alat yang dapat membantu perjalanannya, seperti sepeda, kuda, perahu maupun dengan cara ikut numpang (liften) kendaraan bermotor secara beranting. Oleh karena itu arti “hiking”ย lebih tepat disebut perjalanan penjelajahan dan bukan berjalan kaki atau berbaris menempuh jarak yang jauh, seperti arti kata asal.

Kegiatan ini juga mengajarkan kepada anak tentang pentingnya bekerjasama dalam kelompok, keberanian mengambil keputusan serta dapat membentu fisik yang sehat dan kuat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Jalur hiking sangat bervariasi, mulai dari track yang mendatar, menurun dan mendaki/menanjak sehingga dapat memberikan kesan petualangan dialam bebas yang dapat membentuk jiwa kebersamaan didalam kelompok. Selama hiking anak-anak diajarkan untuk berdisiplin dengan cara membagi kelompok hiking menjadi kelompok-kelompok kecil. Anggota kelompok berjalan secara berurutan satu-persatu dan tidak diperbolehkan untuk saling mendahului dari mulai awal hiking hingga berakhir, dengan demikian rasa kebersamaan dalam kelompok dapat tetap terjaga.

Manfaat hiking/mendaki meningkatkan kesehatan jantung, mendapatkan tidur yang baik, mengurangi stress dan kecemasan, membuat pikiran tetap tajam, baik untuk menjaga keseimbangan, membangun otot tubuh, meningkatkan kepadatan tulang, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan harga diri, mengatasi insomnia, mendaki membangunkan komunitas sosial.

Jenis-Jenis Hiking/Mendaki

Menurut bentuk dan jenis medan yang dihadapi, mountaineering bisaย  dibagi sebagai berikut :

  1. Hill Walking / Feel Walking

Perjalanan mendaki bukit โ€“ bukit yang relatif landai. Tidak memerlukanย  peralatan teknis pendakian. Hal utama adalah yaituย  jalur pendakian yangย  sudah tersedia. Perjalanan ini bisaย  memakan waktuย  hinggaย  beberapa hari, sehingga keterampilan memilih tempat berbijak sangat dibutuhkan , atau kadang โ€“ kadang sudah tersedia.

  1. Scrambling

Scrambling adalah pendakian setahap demi setahap pada suatu permukaan yang tidak begitu terjal. Tangan kadang โ€“ kadang di pergunakan hanya untuk keseimbangan. Untuk pemula, tali kadang โ€“ kadang harus dipasang untuk pengamanan dan jugaย  mempermudah gerakan.

  1. Climbing

Climbing dikenal sebagai suatu perjalanan pendek yang padaย  umumnya tidak memakan waktu lebih dari 1 hari, hanya rekreasi ataupun beberapa pendakian gunung yang praktis. Kegiatan pendakian yang memerlukanย  penguasaan teknik mendaki sertaย  penguasaan pemakaian peralatan.

  1. Mountaineering

Mountaineering adalahย  gabungan perjalanan dari semua bentuk pendakian di atas. Dapatย  memakan waktu hinggaย  berhari โ€“ hari, bahkan hinggaย  berbulan โ€“ bulan. Di samping pengetahuan teknik mendaki dan juga pengalaman mendaki, harusย  juga dikuasai manajemen perjalanan, pengaturan makanan, komunikasi, dan yangย  lain โ€“ lain.

 

Namaย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย  : Nadia (6019072)

Mkย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย  : Pendidikan Rekreasi Olahraga

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *