MEMANJAKAN SERTA MEMANUSIAKAN DIRI MELALUI PANJAT TEBING. PANJAT TEBING MERUPAKAN SALAH SATU OLAHRAGA REKREASI YANG BERMANFAAT DAN MEYANYENANGKAN. PANJAT TEBING BIASA DILAKUKAN UNTUK ORANG YANG HOBI AKAN TANTANGAN DAN PENCINTA AKAN KETINGGIAN.

Pelajaran apa yang akan didapatkan dalam panjat tebing? Mengapa kegiatan ini perlu dilakukan? Semoga tulisan ini bisa menjawab segudang pertanyaan mengenai pemanjatan tebing.Rasa resah dan syukur mendorong untuk memulai kegiatan. Awalnya ada keresahan karenaย  pada saat (Covid 19) atau yang biasa kita kenal dengan sebutan CORONA ini melandaย  minat dari orang-orang untuk menggeluti aktivitas panjat tebing ini berkurang. Padahal menurut saya secara pribadi panjat tebing merupakan pengobat lelah,stress jenuh dan sebagainya apalagi pada saat korona (Covid 19) sekarang ini. Berkurangnya peminat, hal ini akan mengancam tidak terwarisnya ilmu tebing dan juga bagaimana melakukan panjat tebing. Tak kalah menyedihkan, media untuk melakukan aktivitas ini pun terancam sepi, hingga berpotensi mengalami eksploitasi.

Panjat Tebingย atau istilah asingnya dikenal denganย Rock Climbingย merupakan salah satu dari sekian banyak olahraga alam bebas dan merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung yang tidak bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki melainkan harus menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya. Pada umumnya panjat tebing dilakukan pada daerah yang berkontur batuan tebing dengan sudut kemiringan mencapai lebih dari 45ยฐ dan mempunyai tingkat kesulitan tertentuKegiatan panjat tebing alam ini banyak dilakukan kalangan mahasiswa pecinta alam atau komunitas panjat tebing di Indonesia dan Sekarang sudah menjadi salah satu cabang olahraga di tingkat nasional maupun internasional. Karena aktivitas dilakukan di ketinggian dan membutuhkan peralatan menunjang hal ini terbukti akan banyaknya pegiat panjat tebing melakukan ekspedisi dan kompetisi panjat tebing yang dilakukan oleh organisasi pecinta alam atau sekumpulan pemanjat baik tingkat daerah maupun tingkat nasional. Namun secara umum pengertian panjat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah menaiki dengan kaki dan tangan. Sedangkan tebing menurut Kamus Besar Indonesia, Tebing ialah lereng (gunung) yang tinggi dan terjal. Tujuan dari kegiatan panjat tebing sangat beragam ada melakukan ekspedisi, mengukir prestasi dan rekreasi. Pada dasarnya pemanjat tebing pemula harus megetahui alat-alat panjat tebing dan teknik-teknik dasar pemasangan alat-alat panjat untuk menghindari kecelakaan namun beberapa kasus kecelakaan yang terjadi karena kelengahan dan kurang mengetahui atau lupa tentang teknik dasar pemasangan alat panjat tebing sehingga dapat terjadinya kecelakaan dalam berkegiatan panjat tebing. Kegiatan yang dasar hobi memang mengundang resiko sehinggga persiapan harus dilakukan dengan matang. Sehingga dalam berkegitan tidak mencederai pegiat panjang tebing khususnya pemula.belajar banyak dari ekspedisi panjat tebing . Kekuatan fisik, pikiran, hati dan batin semuanya diuji. Tidak hanya belajar sendiri, tetapi bekerjasama dalam tim. Inilah nilaiย adventureย yang seharusnya dibawa dalam kehidupan.

Jenis Jenis Panjat Tebing

  1. Free Climbing(panjat tebing bebas)

Free climbingย adalah pemanjat yang dalam pemanjatan hanya menggunakan tangan dan kakinya atau seluruh bagian tubuhnya untuk menambah ketinggian, bisa dilakukan di alam terbuka seperti di tebing alam atau di dinding panjat buatan, tali digunakan hanya sebagai pengaman ketika pemanjat jatuh.

  1. Bouldering

Boulderingย adalah jenis memanjat jalur-jalur pendek tanpa tali yang biasanya menggunakan matras atauย crash padย (bouldering mat) sebagai pengaman apabila terjatuh bisa dilakukan di tebing alam atau dinding buatanย indoor/outdoor.

ย  ย  ย 3. Lead Climbing

Jenisย lead climbingย adalah pemanjatan dengan menggunakan tali yang dilakukan dua orang atau lebih di mana seseorang harus memanjat lebih dulu (lead) untuk memasang pengaman bagi pemanjat berikutnya.ย Leadย menggunakan harnes yang diikatkan tali dan terhubung denganย Belayerย (pemanjat berikutnya), bisa dilakukan di tebing alam atau dinding buatan.

  1. Top Rope Climbing

Top ropeย adalah jenis pemanjatan yang bagus buat pemula, karena tali sudah terpasang diย Anchor Systemย yang berada di atas dan terhubung denganย Belayer. Jadi, pemanjat fokus pada pegangan dan pijakan kalau terjatuh pun akan tertahan olehย Belayer.

5.ย ย ย ย ย  Traditional Climbingย (Trad climbingย a.k.aย AID Climbing)

Jenis memanjatย lead climbingย tidak hanya menggunakan teknik memanjat tapi dengan menggunakan alat untuk menambah ketinggian seperti menggunakan tangga tali, dan menggunakan alat tambahan untuk pengaman sepertiย chock, cam device, piton, dan lain sebagainya.

6.ย ย ย ย ย  Freeย Soloing Climbing

Free Soloingย adalah teknik memanjat yang dilakukan secara solo dan tidak dilindungi oleh tali atau pengaman apapun , selain kemampuan memanjat. Sebaiknya jenis ini tidak dilakukan.

 

 

 

 

Sapri Ronaldi (6019074), Universitas PGRI

Silampari Lubuklinggau.

Sapri.ronaldi@gmail.com

(tugas pendidikan rekreasi)

Dosen Pengampu : Wawan Syafutra,M.Pd

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *